Home Teknologi Apps WhatsApp Ungkap Fitur Multiplatform, 1 Akun Bisa Akses di Banyak Perangkat

WhatsApp Ungkap Fitur Multiplatform, 1 Akun Bisa Akses di Banyak Perangkat

Ilustrasi Whatsapp

20
0

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah bocoran menyebut bahwa Facebook kini tengah mengembangkan sebuah fitur baru untuk WhatsApp.

Mengutip laman BGR, Selasa (30/7/2019), WhatsApp nantinya akan memiliki kemampuan multiplatform. Dengan kemampuan ini, nantinya satu akun WhatsApp bisa login dan bisa dipakai di beberapa smartphone.

Misalnya saja, satu akun WhatsApp yang sama, bisa dipakai di iPhone, iPad, Mac, hingga Windows OS.

Kini pengguna memang sudah bisa menikmati penggunaan WhatsApp di komputer, namun tidak secara lengkap. Selain itu, saat menggunakan WhatsApp Web, pengguna butuh koneksi ke aplikasi WhatsApp utama yang biasanya ada di smartphone.

WhatsApp belum benar-benar bisa menghadirkan kemampuan multiplatform. Pasalnya, WhatsApp selalu ditautkan dengan satu nomor telepon saja, bukan ke akun yang dapat dipakai di banyak perangkat, apapun OS-nya.

Namun, berdasarkan informasi dari seorang pembocor yang dekat dengan pengembangan WhatsApp mengatakan, aplikasi berlogo hijau itu akan berubah. Bagaimana cara kerjanya?

Apa Saja Kemampuan Multiplatform WhatsApp

1. Misalnya akun utama WhatsApp kamu ada di iPad, ketika aplikasi ini sudah memiliki kemampuan multiplatform, kamu bisa membukanya di iPhone tanpa harus berpindah akun dari iPad ke iPhone.

2. Kamu bisa login satu akun WhatsApp yang sama, di perangkat iOS maupun Android.

3. WhatsApp di komputer bisa dipakai tanpa perlu koneksi internet di WhatsApp smartphone. Kini, pihak WhatsApp tengah mengembangkan universal windows platform (UWP) app.

4. Sangat mungkin untuk menggunakan akun yang sama di Windows Phone (menggunakan UWP) dan WhatsApp for Windows.

Belum Jelas Kapan Dirilis

Sayangnya, kemampuan multiplatform ini belum diketahui kapan akan tersedia pada WhatsApp.

Si pembocornya juga mengatakan, perilisan fitur baru ini akan meningkatkan sistem enkripsi end-to-end milik WhatsApp. Di mana, saat ini pesan harus disinkronkan di seluruh perangkat.

Untuk itu, Facebook perlu menemukan cara untuk menautkan semua pesan yang terpisah ke akun yang sama.

Selain WhatsApp, iMessage milik Apple juga menawarkan enkripsi end-to-end di seluruh perangkat.

Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan satu akun iMessage pada iPhone, iPad, dan Mac. Asalkan pengguna mengautentikasi ID Apple yang sama dan menyetujui masing-masing untuk penggunaan iMessage.

(Tin/Ysl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here